Hal-Hal yang Bagus dalam Melatih Kecerdasan Spiritual Anak

Berdasarkan dari sumber yang kami dapati yakni alodokter.com, dari data WHO sendiri sudah terdapat 3 komponen penting yang mana sudah menjadi sebuah arti atas konsep Hidup sehat yang sebenarnya. Semuanya meliputi dari Sehat Jasmani – Sehat Emosional dan juga Memiliki Kesejahteraan Sosial. Namun dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, sebagian para pakar atau ahlinya sudah menambahkan adanya kecerdasan Spiritual sebagai salah satu faktor penyeimbang atas ketiga konsep dasar tersebut. Nah tipe dari kecerdasan ini sebenarnya mampu untuk dilihat attas aktivitas otak manusia di saat melakukan sebuah hal yang bermanfaat sekali bagi kesehatan Jiwanya yakni : Melakukan Meditasi atau Melakukan Ibadah. 

Dunia Spiritual memang memiliki kaitan erat akan kesehatan dikarenakan, pada dasarnya bagian Tubuh – lalu Pikiran dan juga Jiwa akan terikat dengan sendirinya. Nah kesehatan pada suatu aspek ini akan memiliki dampak jelas untuk aspek kesehatan lainnya. Beberapa penelitian juga sudah menemukan bahwasannya pemikiran yang positif ditambah dengan kekuatan yang ditemukan manusia dari agama, ternyata ikut serta memberikan kontribusi terhadap kesembuhan dan kesehatan manusia itu sendiri. Meskipun kecerdasan dari Spiritual ini telah dianggap masuk sebagai komponen penting dalam kehidupan, akan tetapi masih sulit untuk bisa benar-benar dijabarkan menjadi Indikator-Indikator yang mampu diukur secara Ilmiah. 

Apakah Kecerdasan Spiritual ini Penting ? 

Untuk masa sekarang ini, agar kiranya anak-anak kalian bisa memiliki kepekaan batin terhadap dirinya sendiri dan juga orang lain. Maka kecerdasan Spiritual inilah yang wajib kalian kembangkan ke mereka. Dari bantuan kecerdasan Spiritual ini, nantinya akan mampu membuat si anak jauh lebih mengenali kekurangan maupun kelebihan dari dalam dirinya sendiri. Hal ini benar-benar bisa mengatasi persoalan dengan cara menggunakan pengalamannya untuk menerapkan Nilai-nilai yang dirinya yakini. Dan dari ini juga akan mampu mengatasi anak menjauhi hal buruk dalam masyarakat. Kedepannya bisa kalian lihat sendiri slot mpo, si anak ini akan sukses atau setidaknya berhasil untuk bisa menutupi kekurangan dirinya dan jauh lebih mempertajam adanya kelebihan yang dirinya miliki biar suksesnya benar-benar tercapai di kemudian hari. 

Adakah Alasan Kenapa Kita Butuh Menstimulasikan Kecerdasan Spiritual Anak ? 

Tentu saja ada, jika tidak untuk apa Kecerdasan Spiritual ini harus bisa dibangun sejak dini ? sekiranya berikut ini adalah alasan yang kami temui pada situs popmama.com. Dengan adanya alasan ini, kami yakin kalian menjadi percaya bahwa Stimulasi Kecerdasan Spiritual itu juga memiliki peran penting bagi hidup si anak : 

  • Anak akan mampu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitar mereka dimanapun mereka sedang berada. 
  • Agar sekiranya anak mampu memiliki kepekaan yang tinggi terhadap sesamanya.
  • Agar nantinya anak ini mampu untuk bisa menghadapi penderitaan yang telah dirinya terima. Walau itu rasa sakit sedikitpun yang mendera si anak. 
  • Agar nantinya anak mampu untuk menghadapi kegagalan, yang di kemudian harinya bisa mengambil pelajaran berharga dari peristiwa ini. 
  • Anak akan memiliki semangat hidup dalam berusaha mencapai tujuan hidupnya yang sesuai dari visi serta misi yang telah dimilikinya. 
  • Agar anak mampu untuk merangkai hubungan antara hal yang satu dengan hal lainnya. 
  • Si anak nantinya bisa menjalani kesehariannya dengan begitu mandiri dan percaya diri. 
  • Si anak nantinya bisa menilai mana yang baik dan mana yang buruk bagi kehidupannya serta mampu mencari nilai-nilai baru. 
  • Si anak nantinya bisa belajar untuk memupuk kecerdasan jiwa dalam menjalankan fungsi atas Kecerdasan IQ dan juga EQ yang dimilikinya secara efektif. 
  • Si anak agar kiranya bisa menyandarkan diri kepada Tuhan di dalam bentuk segala hal yang dirinya bisa lalui dalam hidup kedepannya. 

Cara untuk Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual pada Anak 

Selain adanya alasan dalam menstimulasikan kecerdasan Spiritual pada anak, maka kali ini kalian juga akan menemukan cara dalam menumbuhkan Kecerdasan Spiritual pada anak sejak dini, sebagai berikut : 

-) Kalian bisa memancing kreativitasnya dalam bertanya. Terutama sekali pada pertanyaan yang terkait dengan Spiritual seperti halnya pertanyaan terkait akan Tuhan, lalu bagaimana alam semesta yang tercipta dan tentang keberadaan manusia di dunia. 

-) Sebagai orang tua terlebih lagi Mamah, harus bisa membuat anak percaya kepada Mama dengan membebaskannya untuk mengungkapkan perasaan, lalu adanya Daya Khayal serta bisa menceritakan sudut pandang mereka. 

-) Sebagai Orang Tua bisa mendidik anak untuk bisa ikut terlibat dalam aktivitas keagamaan atau juga Spiritual. Dan pastikan Mama selalu saja menjelaskan makna dari apa yang dirinya pelajari terkait masalah agama. 

-) Bimbing si anak juga dalam prosesnya meningkatkan Kecerdasan Spiritual itu sendiri. Disini peran mama harus bisa menyediakan waktu di saat mereka memerlukan Mamah. 

-) Bisa memberikan contoh bagaimana Kamu menghadapi masalah keseharian dengan menggunakan kecerdasan Spiritual yang juga bia Mama miliki. 

Tips Mudah dalam Melatih Kecerdasan Spiritual 

Dari setiap orang memiliki panggilan hidup dan juga kesadaran atas Spiritual yang unik dan juga berbeda-beda. Namun tujuannya sama, seperti halnya untuk mencari rasa damai dan juga ketenangan batinnya. Nah tiap  orang memiliki cara yang berbeda untuk mencapai kecerdasan Spiritualnya. Seperti halnya : melalui berdoa – lalu Meditasi – mampu dalam Penegasan Positif terhadap diri sendiri ( Afirmasi ), lalu bisa menyanyikan lagu-lagu Rohani – membaca buku Inspirasional – lalu bisa Berlibur ke alam terbuka, hingga bisa melakukan kegiatan kerelawanan. 

Berikut ini ada beberapa tips yang mana mungkin saja bisa membantu kalian untuk melatih kecerdasan Spiritual itu sendiri, yakni : 

1) Mampu untuk merefleksikan diri terhadap makna dari hidup itu sendiri.

2) Mampu mengikuti adanya aktivitas bakti sosial. Lalu tidak lupa untuk berpartisipasi dalam kegiatan amal terhadap sesama dan bisa memberikan kesempatan bagi kalian untuk bertemu langsung dengan orang-orang yang memiliki panggilan batin yang memang serupa. 

3) mau dalam menerima dan membuka diri terhadap perubahan di dalam hidup.

Mampu melakukan kebaikan terhadap orang lain, baik itu yang dikenal maupun yang tidak dikenal tanpa rasa pamrih. 

Selain bisa meningkatkan kecerdasan spiritual, maka jangan lupa untuk senantiasa dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan juga intelektual. Terus menerus tingkatkan kualitas kehidupan kalian dengan cara berusaha untuk menjadi manusia jauh lebih baik dan selalu berdoa terus menerus kepada Tuhan Yang Maha Esa. sebagai sebuah pelengkap, kalian bisa mensyukuri apapun yang sudah dimiliki demi bisa mendapatkan ketenangan dari Spiritual itu sendiri. 

Dalam artian lain, peranan dari orang tua terlebih lagi Mamah mampu membantu si anak untuk mengembangkan kecerdasan spiritual itu sendiri. Bukan berarti disini peran ayah tidak mendukung sama sekali ya, namun hanya butuh penempatan waktunya saja yang harus pas. Semoga dengan apa yang kami sampaikan ini mampu membuat kalian jadi jauh lebih mengerti akan pentingnya dari Kecerdasan Spiritual itu sendiri.