Hal Tak Terduga yang Bisa Membangkitkan Spiritualitas

Meski hal ini cukup berdampak besar di dalam sebuah kehidupan, spiritualitas adalah sebuah konsep yang cukup rumit untuk dijelaskan. Spiritualitas menurut Dewit-Weaver (dalam McEwen, 2004) adalah sebuah bagian yang ada dari dalam setiap individu yang tidak terlihat dan menjadi sebuah hal yang cukup berkontribusi terhadap keunikan serta, mampu menyatu dengan berbagai macam nilai-nilai transendental (kekuatan yang maha tinggi atau sama halnya dengan Tuhan) yang memberikan sebuah makna, tujuan, dan juga keterhubungan. Kekuatan ini seringkali ditemukan di berbagai tempat dan juga cara. Dari mulai dari rumah ibadah sampai kegiatan keagamaan, spiritualitas bisa diperoleh dari sana.

Hal Tak Terduga yang Bisa Membangkitkan Spiritualitas

Disisi lain, spiritualitas yang sebenarnya sendiri bermakna cukup luas yaitu dapat muncul dan kemudian dapat bertumbuh dari mana saja. Termasuk juga dari beberapa hal yang tidak terduga yang bisanya dapat secara tidak langsung membangkit sifat spiritualitas seperti yang akan kita bahas di bawah.

Spiritualitas adalah sebuah kesediaan dari hati yang melihat apapun yang terjadi di dalam hidup sedang berjalan sebagaimana dengan mestinya dan sesuai dengan porsinya. Spiritualitas juga merupakan sebuah kesediaan diri untuk membuka hati dan juga merasakan rasa syukur, dan damai di dalam hidup. Mempercayai dan menyerahkan diri pada sebuah kekuatan yang lebih tinggi, suci, atau kekuatan yang lebih besar dari pada diri kita sendiri.

Spiritualitas dapat hadir melalui berbagai macam pengalaman hidup yang penuh kesedihan, kekhawatiran, keraguan, ketakutan dan juga berbagai perasaan negatif lainnya. Ia hadir dalam suka, duka, lara, baik itu dalam (kebahagiaan, kesengsaraan dan kesedihan). Spiritualitas artinya adalah memahami Tuhan melalui konflik yang terjadi di dalam diri atau konflik dengan orang lain, kemudian menemukan makna mendalam yang nantinya ingin Tuhan atau semesta sampaikan pada diri kita. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membangkitkan rasa spiritual yang ada di dalam diri setiap orang.

Lebih perhatian terhadap diri sendiri

Poin pertama ini akan menjawab kenapa seseorang nantinya akan lebih sering mendekatkan diri terhadap Tuhan setelah diri mereka diuji dengan sebuah musibah, kegagalan, ataupun saat berpisah dengan pasangan mereka. Pada akhirnya, manusia nantinya akan menemukan pembelajaran dari berbagai peristiwa tersebut dan berubah menjadi lebih baik lagi, termasuk dengan cara lebih perhatian terhadap diri mereka sendiri. Rasa kecewa dan sakit hati yang dirasakan akan sembuh dengan lebih peduli terhadap kebahagiaan yang di rasakan oleh diri sendiri terlebih dahulu.

Melayani terhadap sesama

Spiritualitas memang bersifat tidak terlihat secara langsung, namun untuk mendapatkannya kita dapat merasakannya melalui orang lain. Hubungan dan juga berbagai makna yang terjalin saat kita nantinya bersedia melayani sesama akan meningkatkan sebuah spiritualitas itu sendiri. Spiritualitas diri akan meluas sesederhana ketika nantinya dapat mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Menemukan makna pada setiap peristiwa

Tingkat spiritualitas yang akan dirasakan oleh seseorang akan meningkat saat dirinya mampu menghadapi sebuah realitas kehidupan. Menemukan pesan dibalik apa yang telah dialami, setiap hal tanpa terkecuali. Ketika seseorang nantinya bisa melepas dan menerima setiap pengalaman baik maupun juga setiap pengalam buruk dalam hidup dan menemukan maknanya tersebut, orang tersebut akan lebih meningkat secara spiritual.

Bersyukur dan memaafkan

Hal yang mudah untuk diucapkan namun menjadi sangat sulit untuk dilakukan, adalah dengan cara mensyukuri apa saja yang dimiliki dan memaafkan diri maupun juga orang yang telah menyakiti. Kadang kita sering berkutat pada sebuah hal yang nantinya tidak bisa diubah dan terus berputar di dalamnya. Namun spiritualitas adalah sebuah hal yang hadir mengantarkan seseorang untuk belajar bagaimana melakukan dua hal tersebut. Proses untuk mencapainya jadi alasan penting untuk lebih meningkatkan esensi yang ada di dalam hidup seseorang.

Berpikir positif

Terkadang, orang akan dibutakan dengan berbagai ‘kesalahan’ berpikir positif. Contohnya ketika seorang pilot pesawat bersikukuh melajukan sebuah pesawat di tengah badai dan juga dalam petir panjang, berpikir positif bahwa kecelakaan mungkin bisa dihindari adalah sebuah hal yang konyol. Kejadian seperti ini bukanlah sebuah cara yang tepat berpikir positif dengan benar, namun cenderung ke arah keras kepala sehingga kurang bisa objektif dalam menilai dan juga dalam mengambil keputusan.

Di lain hal, berpikir positif juga dapat menjadi sebuah hal yang nantinya bisa mengantarkan seseorang ke dalam puncak tertinggi seseorang di dalam hidup. Pasalnya dengan berpikir positif orang nantinya akan lebih mungkin melakukan hal-hal penting yang akan dapat meningkatkan kualitas hidup, bukan hanya untuk diri mereka sendiri bahkan bagi banyak orang.

Meluangkan waktu buat traveling

Berkunjung pada berbagai tempat yang belum pernah dijamah sebelumnya, belajar tentang banyak perbedaan, bertemu dengan banyak tipe orang, menikmati indahnya ciptaan Tuhan, adalah sebuah hal-hal yang nantinya hanya bisa didapat saat sedang traveling saja. Sesuatu yang mengantarkan seseorang pada hakikat tertinggi dalam yang ada di dalam hidup, pengetahuan dan pengalaman itulah yang juga nantinya akan dapat meningkatkan spiritualitas yang ada di dalam diri.

Lakukanlah Penggalian ke dalam Diri

Penggalian ini nantinya dapat dilakukan dengan cara bertanya pada diri sendiri tentang siapa diri kita? Darimana kita berasal? Dan apa tujuan dari kelahiran kita? Kemana nantinya kita akan pergi? Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, secara perlahan kita nantinya akan mengenal lebih dalam siapa diri kita sesungguhnya dan mengerti bagaimana menjalani sebuah hidup di saat ini.

Praktik Spiritual di dalam Kehidupan Sehari-hari

Praktik spiritual yang dimaksudkan di sini adalah sebuah praktik menyebarkan cinta kasih ke dalam maupun juga ke luar diri. Praktik spiritual ke dalam diri dapat dilakukan dengan tidak memelihara sebuah rasa kebencian yang ada di dalam diri, memaafkan diri sendiri, menjadi lebih tulus dan jujur dengan diri sendiri, mau belajar menerima kekurangan dan juga berani belajar kelebihan diri, bersedia belajar menerima kondisi apapun yang terjadi di dalam hidup dan mengusahakan semua hal yang terbaik.

Sedangkan praktik spiritual ke luar diri nantinya akan dapat dilakukan dengan menyiram tanaman agar tumbuh subur, memberi makan berbagai binatang, berdoa untuk kebahagiaan orang lain, mencintai sesama makhluk hidup, memaafkan kesalahan orang lain dan juga bersedekah.

Latih Diri dengan Latihan Meditasi dan Yoga

Meditasi menjadi sebuah cara yang juga bisa kita lakukan secara rutin setiap pagi dan pada saat malam sebelum tidur. Lakukan meditasi di pagi hari sebelum kita nantinya akan memulai aktivitas di hari itu.

Demikian itulah beberapa hal tidak terduga yang ternyata dapat membangkitkan sebuah sifat spiritual yang ada di dalam diri seseorang. Mempunyai sebuah kecerdasan spiritual adalah sebuah hal yang nainy sangat berguna, karena anda akan dapat melihat dan memandang semua yang terjadi dalam hidup dengan lebih baik.