Manfaat Serta Contoh pada Kecerdasan SQ

Setelah kalian mengetahui hal mendasar daripada pengertian pada kecerdasan spiritual secara mendasar, lalu menurut para ahlinya hingga pada ciri-ciri ataupun karakteristik dari kecerdasan yang satu ini. Maka, kalian bisa mengetahui lebih lengkapnya lagi mengenai berbagai macam manfaat serta contoh yang ada pada kecerdasan Spiritual ini.  

Selain daripada itu, kalian juga harus mengetahui adanya ciri akhir daripada kecerdasan spiritual ini. Yang dimana, mereka atau orang-orang dengan kemampuan SQ ini enggan untuk melakukan hal yang dapat merugikan. Disinilah kalian bisa mengetahui ciri pada kecerdasan spiritual ini sangatlah senang untuk berbuat baik dan juga tidaklah mau untuk merugikan ke orang lainnya. Orang-orang inilah yang sudah berpikir secara selektif di dalam mempertimbangkan adanya berbagai macam hal. Dalam hal ini, sudahlah sangat penting di dalam kehidupan seseorang untuk bisa mempertimbangkan adanya segala langkah dengan memiliki kekayaan jiwa. Sikap inilah yang tidak langsung dimiliki oleh adanya setiap orang dengan bisa menanamkan langsung sejak dini oleh orang tua ataupun juga dengan diri kalian sendiri.  

Selain daripada itu, kalian juga bisa melihat manfaat serta beberapa contoh yang memang bisa kalian ketahui sebagai seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual ini.  

Manfaat Memiliki Adanya Kecerdasan Spiritual ( SQ )  

Dari hal-hal sebelumnya yang sudah kalian ketahui, maka dalam hal ini kalian bisa mengetahui adanya berbagai macam manfaat dengan adanya kepemilikan kecerdasan spiritual ini.  

  1. Bisa di gunakan dengan mudah untuk menghadapi segala macam masalah yang eksistensial. Dimana saat seseorang sudah merasakan keterpurukan juga sudah menghadapi adanya penderitaan, terjebak juga di dalam kebiasaan yang tidaklah baik, sampai akhirnya memiliki sebuah kekhawatiran yang jauh tinggi dari sesuatu yang menyebabkan sebuah akibat penyakit.  
  1. Menjadikan orang lain bisa menyadari adanya kepemilikan masalah Eksistensial. Yakni, semuanya dikatakan bisa mengatasi hal tersebut. Yang mana , kecerdasan SQ ini bisa menyangkut sebuah perjuangan dari hidup seseorang.  
  1. Bisa membuat seseorang memahami betul siapakah dirinya ini. Yang mana juga sudah mengetahui adanya hikmah dari segala sesuatu yang dihadapi ini haruslah bisa untuk memaknai sampai memberikan adanya makna ke orang lainnya.  
  1. Bisa sebagai sebuah landasan. Untuk landasan yang dimaksudkan yakni memfungsikan langsung IQ serta EQ dengan efektif. Yang mana, kecerdasan dari Spiritual ini bisa mencapai sebuah puncak pada kecerdasan manusia itu sendiri.  
  1. Bisa menempatkan adanya perilaku dan juga hidup dari manusia. Dengan sebuah konteks dan juga makna yang jauh lebih luas lagi. Manusia ini sendiri bisa menjadi lebih kreatif, lalu fleksibel , memiliki wawasan yang sangat luas, berani sampai pada optimis. Dari sinilah, manusia bisa jauh lebih mudah di dalam menghadapi adanya masalah eksistensial dalam kehidupan.  
  1. Memberikan contoh pada perasaan moral. Yang mana moral ini bisa untuk membantu di dalam menyesuaikan sebuah aturan yang tidaklah dinamis dari berbagai batasan. Kecerdasan Spiritual ( SQ ) sudah bisa memungkinkan manusia sendiri sudah berada langsung di dalam situasi yang mana keadaan ini sama atau tidak. Yang inti pokoknya langsung mengarahkan pada situasi yang ada.  
  1. Menjadi seseorang yang jauh lebih cerdas lagi dalam masalah spirit atau agamanya. Dengan adanya daya kecerdasan spiritual ini sudah memiliki sifat yang jauh lebih toleransi lagi dan jauh juga dari kepemilikan masalah prasangka yang ada.  

Contoh Kepemilikan pada Kecerdasan Spiritual  

Setelah manfaatnya, maka dalam hal ini kalian bisa melihat langsung adanya contoh perilaku seseorang yang memang sudalah memiliki adanya kecerdasan spiritual ini.  

~ Suka sekali menolong orang lain  

Orang yang memiliki kecerdasan spiritual, akan lebih jauh menolong orang lain yang memiliki arti luas dalam hal Toleransinya. Orang inilah yang mana memiliki sebuah kepuasan tersendiri bagi orang yang memang memiliki kecerdasan SQ ini. Kata menolong ini cukuplah luas. Dimana, menolong mampu memberikan adanya barang ketika teman benar-benar membutuhkan sesuatu yang ada. Dalam hal ini, menolong orang lain dengan bantuan tenaga dalam mengangkut barang yang ada. 

Dengan memberikan adanya makanan bagi seseorang yang sudah kelaparan, lalu memberikan adanya obat-obatan, meminjamkan sebagian uang untuk para tetangganya yang memang ingin melakukan pengobatan. Selain itu, untuk memberikan nasihat namanya masih menolong orang lain juga.  

~ Rajin melakukan ibadah 

Selalu melakukan ibadah sesuai dengan adanya keyakinan masing-masing orang tersebut. Tidak akan melewatkan adanya waktu ibadah yang mana demi kepentingan dunia saja. Selalu ingin memperdalam adanya ajaran agama yang sudah dianutnya tersebut. Dengan kata lain tidaklah hanya berorientasi pada dunia saja, dan tidak melakukan penglalaiannya sebagaimana mestinya sudah terjadi oleh kebanyakan orang di luar sana.  

~ Sangat mudah untuk memaafkan orang lain 

Saat teman memiliki sebuah kesalahan, maka orang dengan kecerdasan spiritual akan jauh lebih mudah untuk memaafkan kesalahannya tersebut. Sebaliknya juga, ketika orang ini memiliki kesalahan akan langsung meminta maaf terlebih dahulu. Contoh kecilnya, saat kawan kalian menghilangkan sebuah pulpen yang waktu itu di pinjam olehnya maka, kalian tidaklah boleh untuk langsung ngegas atau langsung memarahi kawan kalian ini. Dalam hal ini, kalian harus bisa menjabarkan adanya masalah dari Kenapa pulpen ini bisa hilang ? Terakhir kali memegangnya dimana ? Lalu melakukan pencarian solusi dengan baik-baik.  

~ Memiliki sikap yang jujur 

Salah satu hal lainnya yang bisa dijadikan sebuah contoh dari seseorang yang memiliki Kecerdasan Spiritual ini ialah dalam hal kejujurannya. Karena, orang dengan SQ ini akan jauh lebih mudah untuk membuat kejujuran yang ada. Ketika seseorang ini mendapatkan sebuah amanah menjadi seorang bendahara di daerah wilayah perumahan kalian atau bendahara Rt, maka saat sedang melakukan pemungutan biaya sampah perbulannya tidaklah harus untuk menyelipkan sedikitnya untuk jajan. Selain itu, ketika orang tua meminta bantuan untuk membelikan sesuatu barang, maka jika ada uang lebihnya di kembalikan terlebih dahulu jangan langsung kalian belanjakan barang lainnya. Serta beberapa contoh sikap jujur lainnya yang ada di sekitaran hidup kalian masing-masing.  

~ Memiliki ketertarikan adanya kegiatan untuk menambah wawasan 

Orang dengan kepemilikan kecerdasan SQ ini, pasti senang sekali dengan adanya hal semacam ini. Semasa kalian sekolah, menuntut yang namanya ilmu di sekolah itu adalah salah satu hal yang giat, dengan cara mengerjakan sebuah disiplin didalam mengerjakan adanya tugas. Selain itu, sering di dalam kelas mendengarkan guru saat menerangi hal tersebut dan juga bisa menaati adanya aturan sekolah. Hal ini memang sudah dikarenakan langsung mereka sudahlah bersekolah tidak hanya sebagai ajang kewajiban saja namun, mengetahui adanya sebuah tujuan dari adanya bersekolah ini.  

Contoh lainnya untuk menambah wawasan atau ilmu sendiri ialah : dengan menghadiri adanya berbagai macam kajian, lalu belajar mengenai ilmu-ilmu agama dengan sistem internet ataupun manual yakni pemakaian buku.