Memaknai Hidup Lebih Baik dengan Kecerdasan Spiritual

Jika berbicara mengenai kecerdasan, otomatis tidak hanya selalu atas tolak ukur prestasi gemilang saja di sekolah maupun kampus bukan ? … namun ada juga yang dikenal atas kecerdasan Spiritual yang ternyata bisa mengubah hidup dari seseorang jauh lebih bermakna. Bagaimana bisa ? jadi hal ini bisa dijelaskan dengan memaknai secara betul Kecerdasan Spiritual itu seperti apa. 

Benar adanya dalam beberapa dekade silam, hanya ada Intelligence Quotient atau IQ yang benar-benar dianggap sebagai satu-satunya  bentuk dari kecerdasan bagi manusia. Namun di tahun 1990 sampai dengan tahun 2000 an sudah mulai diperkenalkannya berbagai macam konsep kecerdasan atas salah satunya seperti Spiritual Intelligence atau Kecerdasan Spiritual atau kecerdasan jiwa. Dilansir juga dari laman Psychreg yang kami kutip dari situs hellosehat.com, bahwa pengertian dari Kecerdasan Spiritual seseorang ini akan memaknai sesuatu dan hubungannya dengan dunia tempat dirinya hidup. Dan dalam hal ini bisa diketahui, bahwa kecerdasan Spiritual memiliki 3 Indikator penting yakni : 

1. Indikator dalam Bertanggung Jawab 

Mungkin disini kalian pernah terbesit aats pertanyaan demi pertanyaan mengenai : Apa sih sebenarnya tujuan hidup diri ini ? dan sebenarnya untuk siapa diri ini bertanggung jawab terhadap semua hal tersebut ? …. Dan disini kalian akan langsung menyadari dari nilai dalam diri untuk mendaaptkan kehidupan yang lebih bermakna dan jauh lebih bermakna lagi dan memuaskan sekali. 

2. Indikator dalam Kerendahan hati 

Coba saja kalian bayangkan, sebesar apa diri kalian jika dibandingkan dengan isi alam semesta ini ? hanya setitik kecil atau bahkan jauh lebih kecil lagi sampai benar-benar tidak akan terlihat oleh mata telanjang saja. Ketika kalian mempertanyakan hal ini, tentu saja kalian akan tahu jawabannya bahwa disini kalian harus rendah hati. Jangan pernah merasa bahwa keberadaan kalian akan jauh lebih penting dan merasa jauh lebih hebat atau jauh lebih segala-galanya daripada orang lain. 

3. Indikator atas Kebahagiaan 

Di dunia ini sudah ditawarkan berbagai macam kenyamanan dan kesenangan. Namun pernah terpikirkan apakah untuk saat ini kalian sudah benar-benar bahagia ? dan apa yang membuat kalian sudah merasa bahagia ? … lagi-lagi hal ini akan selalu muncul dari pertanyaan tersebut dalam hati bisa saja membantu kalian dalam menemukan apa yang benar-benar bisa membuat kalian merasa bahagia dan jalan untuk mencapainya. 

Mengenal Perbedaan dari Kecerdasan Spiritual dengan IQ dan EQ

Selain adanya kecerdasan Jiwa, maka jauh lebih dulu dikenal sebagai IQ dan juga EQ. nah berikut ini akan kami berikan perbedaan mutlak dari Kecerdasan Spiritual dengan IQ dan EQ. yuk lihat langsung dimana letak perbedaannya ? 

  • Penjelasan IQ : dimana ini menjadi upaya langsung untuk bisa mengukur kecerdasan manusia. Nah kecerdasan ini sangat erat sekali kaitannya dengan kemampuan Kognitif yang dimiliki oleh setiap individu, seperti halnya kemampuan menalar, lalu kemampuan dalam merencanakan, memecahkan masalah, menggunakan bahasa hingga bisa memahami gagasan yang ada. Nah disini tinggi rendahnya dari IQ biasanya bisa diketahui melalui tes IQ. 
  • Penjelasan EQ : menjadi sebuah kemampuan seseorang dalam mengelola emosi dalam diri dengan cara yang positif dan bisa didapat secara efektif menghadapi berbagai macam perubahan dalam hidup. Orang dengan EQ yang baik bisa dengan mudah untuk menjalin hubungan dengan orang lain dan bisa saja menyesuaikan diri pada situasi-situasi tertentu. 

Disamping daripada itu, orang dengan Kecerdasan Emosional yang jauh lebih tinggi dan juga lebih baik dalam memahami keadaan psikologis mereka sendiri. Termasuk di dalam mengelola stress secara efektif dan cenderung tidak menderita depresi pastinya. 

Lantas Apa Pentingnya Kehadiran dari Kecerdasan Spiritual ? 

Nah kecerdasan Jiwa sendiri akan langsung memperluas kapasitas seseorang dalam memahami orang lain di tingkat terdalam. Seseorang memiliki kemampuan meningkatkan kapasitas diri untuk menangani setiap tantangan, situasi maupun keadaan yang terjadi di dalam hidupnya. Nah seseorang dengan tingkat dari Spiritual Intelligence yang baik, umumnya bisa saja menyatukan Spiritualitas ( yakni adanya keyakinan dalam hubungannya dengan sang Pencipta ), lalu kehidupan batin alias Inner life dan juga Kehidupan di luar dirinya atau Outer Life. semua bisa saja berjalan dengan seimbang. Sebagian Psikolog beranggapan kecerdasan spiritual yang penting sebagai kecerdasan yang paling mendasar. Dan disini kalian bisa saja mencapai IQ dan EQ yang tinggi dengan adanya kecerdasan. 

Tips dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual 

Jika kalian memang ingin memiliki hidup yang bermakna, maka kalian perlu sekali meningkatkan kecerdasan jiwa. Berikut ini ada beberapa langkah yang mana bisa membantu kalian di antaranya : 

1.1 Menetapkan Tujuan Hidup 

Langkah paling awal untuk bisa meningkatkan kecerdasan Spiritual ini sendiri dengan menetapkan tujuan hidup. Disini kalian bisa meluangkan waktu untuk merenungkan beberapa hal di bawah ini. 

  • Dalam hidup ini, kalian sebenarnya ingin mencapai tujuan seperti apa ? 
  • Lalu bakat dan keterampilan apa yang akan kalian miliki untuk menerapkan tujuan tersebut ? 
  • Tindakan yang mana bisa kalian ambil sudah sejalan dengan tujuan tersebut ? 

Coba langsung saja tulis semua jawaban kalian pada buku catatan sebagai sebuah panduan. Dan hal ini bisa saja kalian baca kembali sebagai pengingat atau bisa mengubahnya, dikarenakan tujuan bisa saja berubah seiring waktu yang ada. 

1.2 Memahami Nilai-Nilai dalam Diri 

Nah nilai dalam diri seseorang bisa saja membentuk keyakinan, mengarahkan perilaku dan pilihan, sekaligus bisa mempengaruhi perasaan mengenai pekerjaan maupun karirnya. Kalian juga bisa mencoba langsung dengan memilih 10 nilai dalam diri kalian. Sebagai contoh keberanian, keaktifan, lalu tanggung jawab atau juga pada kejujuran menjadi nilai penting untuk kalian. Disini kalian bisa melanjutkan hingga mencapai 10 nilai. 

Nah berdasarkan dari catatan tersebut, disini kalian bisa saja mempertimbangkan nilai mana yang perlu kalian tingkatkan dan tulis dari tindakan seperti apa yang bisa benar-benar kalian lakukan untuk menilai tindakan tersebut. Sebagai contoh saja, nilai dari keberanian kalian sangat amat kecil dan kalian mungkin saja masih bisa meningkatkan nilai ini dengan lebih berani berbicara di depan umum dan meningkatkan komunikasi dengan orang di sekitar. Berbagai macam tantangan hidup membuat nilai-nilai pribadi terus berubah seiring dari waktu. Hal ini juga akan membuat kalian memerlukan adanya Update daftar tersebut setiap kali kalian sedang melakukan evaluasi diri untuk bisa meningkatkan kecerdasan Spiritualnya. Dan yang paling terpenting juga memastikan semua elemen sudah seimbang dengan baik dan benar !