Betapa Pentingnya Mengetahui Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja

Setelah mampu memaknai dengan benar apa itu Kecerdasan Spiritual bagi manusia, maka kali ini jauh lebih terperinci lagi. Namun dalam penjelasan ini akan jauh lebih mencakup bagaimana pentingnya Kecerdasan Emosional harus bisa bekerja dengan baik di Tempat Kerja. 

Kecerdasan Emosional atau EQ ini sangat sering menjadi sebuah topik pembicaraan dan selalu mampu menjadi sebuah bahan pertimbangan atas setiap perusahaan untuk bisa mempekerjakan karyawannya di kemudian hari. Seseorang bisa dikatakan memiliki Kecerdasan Emosional melalui diri mereka sendiri jika nantinya bisa Mengenali dan bisa Mengerti atas emosi diri sendiri maupun diri orang lain. Nah pentingnya Kecerdasan Emosional ini juga berguna sekali dalam membuat maupun mengambil keputusan, lalu mampu mencari solusi atas sebuah masalah dan pada akhirnya bisa sebagai ajang komunikasi dengan Teman Kerja kalian. 

Lantas bagaimana sebenarnya Kecerdasan Emosional yang ada di Tempat Kerja ? apakah EQ ini benar-benar mampu mempengaruhi karir dalam dunia pekerjaan yang kalian tekuni ? atau malah ada timbal balik yang sesuai ? mari cari tahu ulasannya di bawah ini ! 

Melihat Apakah Kecerdasan Emosional ini Penting ? 

Apabila disini kalian memiliki sebuah Kecerdasan Emosional, maka kalian mampu untuk mengidentifikasi serta bisa mengontrol tangkas online terbaru emosi di saat sedang merasa frustasi maupun sedang merasa sedih. Dan kabar baik yang mensupport hal ini adalah kemampuannya bisa dengan mudah untuk dilatih. 

Menurut survei yang kami kutip dari situs hellosehat.com, bahwa dari beberapa perekrut pekerja, hampir sekitar 75% responden sudah menunjukkan bahwa mereka ini jauh lebih mementingkan EQ ketimbang mementingkan IQ dari para calon karyawan tersebut. Hal ini jelas menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional atau EQ akan jauh lebih banyak memberikan dampak pada pekerjaan dan berbanding terbalik dengan urusan teknis. 

Mungkin seperti ini alasan penting yang mampu menyokong / mensupport hal tersebut : 

  • Bisa membuat keputusan dan menyelesaikan masalah jauh lebih baik 
  • Selalu tenang disaat sedang merasa di bawah tekanan yang tidak semestinya
  • Bisa menyelesaikan konflik dengan baik 
  • Memiliki empati begitu besar
  • Sangat ingin mendengar, lalu merefleksikan hingga mampu menanggapi kritik yang bersifat membangun bukan meruntuhkan. 

Namun ketika Kecerdasan Emosional yang kalian miliki di tempat Kerja sedikit atau rendah, maka alasan seperti ini yang didapatkan : 

  • Tidak adanya rasa untuk melakukan Tanggung Jawab atau lebih senang melakukan Playing Victim
  • Selalu memiliki gaya berkomunikasi yang pasif maupun yang agresif
  • Mampu menolak untuk bisa bekerja bersama tim
  • Sangat kritis atau benar-benar sampai tidak ingin menerima satu pendapat dari orang lain. 

Nah di tempat kerja, memang tidak akan mudah untuk mulai bergaul maupun mulai bersosialisasi. Hal ini dikarenakan secara faktor lingkungannya akan jauh lebih beragam bila dibandingkan dengan faktor atas lingkungan rumah kalian. Selain itu, kalian juga tidak akan selalu mengerti akan masalah atau sebuah hal apa yang memang sedang dialami oleh orang lain. Maka dari itu, begitu penting sekali kecerdasan emosional ini dalam membantu mengatasi bagaimana sikap untuk menghadapi karakter orang yang bermacam-macam. 

Elemen-Elemen Penting dari Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja 

Dari data yang kami temui pada situs yang sama, rupanya  terdapat 4 Elemen yang dikatakan penting untuk Kecerdasan Emosional. Seperti halnya : 

|1| Kesadaran Diri Tinggi 

Kesadaran diri sudah menjadi sebuah kemampuan dalam mengenali suatu emosi diri sendiri dan nantinya akan memiliki dampak ketika akan membuat sebuah keputusan yang pasti. Apakah disini kalian mampu dengan tepat untuk bisa merasakan adanya sesuatu yang salah ketika masuk ke dalam ruangan dan lantas bertemu dengan orang asing ? … sebelumnya hal ini sudah dikenal dengan Intuisi. Dimana kemampuan Instingtif akan berasal pada tingkat Kecerdasan Emosional yang ada pada diri kalian masing-masing. 

|2| Memanajemenkan Diri Sendiri 

Lalu masuk pada elemen kedua, dimana Kecerdasan Emosional atau EQ ini bisa saja mempengaruhi pekerjaan dalam memanajemenkan diri sendiri. Dalam artian, kalian harus menguasai sebuah kemampuan dalam mengontrol emosi, mengontrol perilaku hingga mengontrol cara dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Selain daripada itu, kecerdasan emosional ini mampu menekan adanya rasa marah, rasa kekecewaan dan juga rasa takut sehingga emosi tidak akan benar-benar mempengaruhi kalian ketika akan mencoba dalam menyelesaikan sebuah masalah. Lalu kalian juga akan mampu membaca keadaan, seperti kapan waktunya untuk mendengar, untuk bertanya hingga untuk meminta bantuan jika memang memerlukan hal ini. 

|3| Sangat Tahu akan Kesadaran Sosial 

Selanjutnya adalah Kesadaran. Memang benar, kesadaran diri terutama sekali kesadaran sosial ini akan mampu membuat kalian merasakan, mampu membuat kalian mengerti dan akan tahu betul bagaimana bereaksi terhadap emosi yang akan langsung ditunjukkan orang lain serta akan sangat merasa nyaman dalam melakukan sosialisasi di tempat kerja maupun di tempat umum. Kalian juga akan mampu dalam merasakan ketika secara tidak sengaja telah menyinggung maupun membantu membaca emosi dari raut wajah lawan bicaranya. 

|4| Bisa Memanajemen Hubungan dengan Baik 

Selanjutnya yang menjadi elemen terakhir atau elemen penutup adalah Manajemen Hubungan. Dimana kemampuan ini akan mampu membuat kalian menjadi seseorang yang begitu Inspiratif sekali, lalu bisa berpengaruh besar dan akan tahu bagaimana semestinya dalam menjalin Hubungan baik dengan orang lain. Selain itu kalian juga akan dengan mudah nantinya untuk bisa mengontrol sebuah konflik dikarenakan memang bisa tenang, namun tetap saja fokus dalam situasi tertentu. 

Pentingnya kecerdasan emosional ini tentu saja akan memiliki dampak tak hanya pada kesehatan diri, namun pada kesuksesan kalian di tempat kerja. Setiap perusahaan pasti memiliki lingkungan yang berbeda-beda. Terutama sekali bagi kalian yang notabennya baru saja keterima. At least baru masuk ke tempat kerja baru dan usahakan untuk selalu memiliki sikap yang terbuka dengan kalian Open Minded, Open Your Eyes , Your Ear, and Your Heart dari setiap informasi yang ada. 

Selain itu, kalian juga harus bisa menghindari masalah mental saat kerja. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi adanya kecerdasan emosional yang kalian miliki dan sudah kalian bangun sebelumnya. Dimana masalah Mental seperti Depresi ; Gangguan Bipolar ; Gangguan Kecemasan ; PTSD ; akan mempengaruhi sikap Kecerdasan Emosional kalian jika tidak benar-benar dijaga dengan baik keseimbangannya.